Senin, 01 April 2013

Mengenal RAM Dan ROM Pada Ponsel

Sering kita mendengar istilah RAM dan ROM yang ada pada sebuah ponsel atau Tablet. Tapi apa sebenarnya yang dimaksud dengan RAM dan ROM tersebut.

Sebelumnya kita kupas terlebih dahulu apa yang dinamakan ROM. ROM adalah kepanjangan dari Read Only Memory yaitu jenis yang dapat dibaca tapi tidak dapat di isi data. Untuk melakukan pengisian atau penulisan data pada ROM memerlukan cara khusus. Funsi ROM adalah untuk menyimpan data-data internal yang digunakan untuk menaruh OS beserta seluruh sistem-sistem yang ada didalamnya.

ROM adalah bentuk penyimpanan data pada komputer dan perankat elektronik termasuk pada Smartphone dan Tablet yang tidak dapat dengan mudah dapat dirubah atau di program.

Sementara RAM adalah bentuk penyimpanan data yang dapat diakses secara acak setiap saat. Dalam urutan apapun dan dari manapun lokasi berbeda dengan perangkat penyimpanan lainnya., seperti Hard Drive. RAM diukur pada besaran megabyte dan Gigabyte dan kecepatannya diukur dalam Nanodetik dan chip RAM dapat membaca data lebih cepat dibandingkan ROM. Dalam penggunaan umum istilah RAM lebih dikenal dengan Memory utama yaitu memory yang tersedia untuk program.

Selain itu RAM membutuhkan aliran listrik untuk menyimpan data. Sementara ROM akan menyimpan data tanpa aliran listrik.

Ada banyak perbedaan antara ROM dan RAM, akan tetapi ada kesamaan diantara keduanya yaitu sama-sama dibutuhkan agar perangkat Anda mampu berorasi dengan maksimal.

Mengenal RAM Dan ROM Pada Ponsel Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Video Lucu Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar